5 Hal yang Harus Diperhatikan 
dalam Memilih Lokasi Bisnis
Lokasi sangat menentukan keberhasilan bisnis Anda. Pasalnya, dengan lokasi yang 
strategis Anda memperbesar peluang untuk mendapatkan konsumen. Sebaliknya, 
jika lokasi Anda kurang bagus penjualan Anda kurang maksimal.
Berikut beberapa hal yang perlu dicermati saat memilih lokasi bisnis:
1. Mendekati konsumen potensial
Lokasi bisnis yang Anda pilih harus mendekati konsumen yang Anda bidik. 
Misalnya Anda berbisnis alat tulis, usahakan lokasi Anda dekat dengan kampus 
atau sekolah.
2. Tingkat kepadatan penduduk
Indikator besar kesuksesan usaha Anda terletak di besarnya potensi pasar yang 
Anda tuju. Makin padat suatu lokasi, makin banyak populasi manusia yang bisa 
menjadi pelanggan Anda.
3. Tingkat ekonomi 
Pilihkah lokasi dengan mayoritas pendapatan penduduk yang berpenghasilan 
menengah ke atas. Dengan lokasi seperti itu, penjualan Anda akan stabil karena 
banyak konsumen potensial yang mampu membeli produk Anda.
4. Mudah diakses
Lokasi usaha yang baik adalah yang mudah dikenali dan mudah diakses. 
Sebaiknya Anda memasang tanda seperti plang atau spanduk yang menarik.
5. Tingkat kompetisi
Perhatikan seberapa besar kompetisi usaha sejenis di lokasi yang Anda jadikan 
tempat berbisnis. Jika di lokasi tersebut banyak pesaing yang menawarkan produk 
sejenis, peluang Anda mendapatkan pelanggan akan mengecil. Jika itu satu-satunya 
lokasi yang Anda miliki, pastikan produk yang Anda tawarkan memiliki banyak 
keunggulan dibanding kompetitor Anda. 
Jumat, 01 Maret 2013
Lokasi Bisnis
5 Hal yang Harus Diperhatikan 
dalam Memilih Lokasi Bisnis
Lokasi sangat menentukan keberhasilan bisnis Anda. Pasalnya, dengan lokasi yang 
strategis Anda memperbesar peluang untuk mendapatkan konsumen. Sebaliknya, 
jika lokasi Anda kurang bagus penjualan Anda kurang maksimal.
Berikut beberapa hal yang perlu dicermati saat memilih lokasi bisnis:
1. Mendekati konsumen potensial
Lokasi bisnis yang Anda pilih harus mendekati konsumen yang Anda bidik. 
Misalnya Anda berbisnis alat tulis, usahakan lokasi Anda dekat dengan kampus 
atau sekolah.
2. Tingkat kepadatan penduduk
Indikator besar kesuksesan usaha Anda terletak di besarnya potensi pasar yang 
Anda tuju. Makin padat suatu lokasi, makin banyak populasi manusia yang bisa 
menjadi pelanggan Anda.
3. Tingkat ekonomi 
Pilihkah lokasi dengan mayoritas pendapatan penduduk yang berpenghasilan 
menengah ke atas. Dengan lokasi seperti itu, penjualan Anda akan stabil karena 
banyak konsumen potensial yang mampu membeli produk Anda.
4. Mudah diakses
Lokasi usaha yang baik adalah yang mudah dikenali dan mudah diakses. 
Sebaiknya Anda memasang tanda seperti plang atau spanduk yang menarik.
5. Tingkat kompetisi
Perhatikan seberapa besar kompetisi usaha sejenis di lokasi yang Anda jadikan 
tempat berbisnis. Jika di lokasi tersebut banyak pesaing yang menawarkan produk 
sejenis, peluang Anda mendapatkan pelanggan akan mengecil. Jika itu satu-satunya 
lokasi yang Anda miliki, pastikan produk yang Anda tawarkan memiliki banyak 
keunggulan dibanding kompetitor Anda. 
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar